Artikel

Kakankemenag Ngawi Kukuhkan PD IPARI Kab. Ngawi Periode 2023 - 2027

    Dibaca 570 kali Bagian Umum

NGAWI - Kakankemenag Ngawi, Moh. Wahib didampingi Kasi Bimas Islam, Chusnul Amin mengukuhkan Pengurus Daerah Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kab. Ngawi periode 2023 - 2027 di BP Al Falah, Selasa (5/3/2024)

Pengukuhan ini diikuti seluruh anggota IPARI yang telah dibentuk pada Jum'at 27 Oktober 2023 dengan ketua Afa Prasetyanto, S. Th. I.

Dalam arahannya Kakankemenag menyampaikan Penyuluh Agama mempunyai peran sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi maupun perwakilan Kemenag pada lingkungan masyarakat lingkup kecil.

"Tugas pokok penyuluh ada empat, yang pertama Informatif, penyuluh sebagai sumber informasi baik kehidupan keagamaan maupun informasi terkait bidangnya," ujar Moh. Wahib.

"Edukatif, penyuluh memberikan pencerahan dan penerangan kepada masyarakat mengenai keagamaan, Advokatif, berperan sebagai pembela atau penengah apabila terjadi selisih paham keagamaan dengan mengedepankan keharmonisan bermasyarakat; serta Konsultatif, menerima konsultasi masyarakat permasalahan keagamaan maupun terkait agama, " terangnya.

Ia menambahkan seorang penyuluh wajib miliki kompetensi pokok yakni kompetensi substantif, kompetensi metodologis ( cakap dalam mengelola metode dan media yang digunakan untuk kelancaran tugas serta pemanfaatan IT), Kompetensi Sosial, serta kompetensi personal ( moralitas dan nilai intelektual pada penyuluh saat menyampaikan informasi kepada masyarakat)

Ia juga mengingatkan penyuluh wajib melaksanakan tujuh program outlook hasil rakernas Kementerian Agama 2024 yakni ekosistem moderasi beragama yang ekspansif, meneguhkan politik kebangsaan, memenangkan pertarungan digital, menyajikan layanan keagamaan yang premium dan terjangkau, mengusung layanan pendidikan yang inovatif dan transformatif, smart ASN menjawab kebutuhan era digital, dan mengoptimalkan dana umat untuk pengentasan dan pemberdayaan.

Diakhir anamatnya Kakankemenag mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Anggota IPARI yang baru dikukuhkan mudah - mudahan bisa mengemban amanah dengan sebaik- baiknya. 

Sebelum pelantikan juga ditampilkan paduan suara dari IPARI Kab. Ngawi dengan membawakan lagu Indonesia raya, Mars Kemenag serta Mars IPARI.

SN